Posted by : Admeen
Sabtu, 08 Februari 2014
Hai sobat calon pengusaha sekalian..
Tentu tidak asing bagi kita mendengar istilah marketing dalam usaha/bisnis atau perusahaan..
Marketing adalah bagian perusahaan yang menangani pasar seperti menjual produk, menjadi/mencari distributor, merencanakan penjualan, memberikan promosi, meningkatkan angka penjualan, mencari pelanggan dan bertanggung jawab atas kinerja penjualan perusahaan. Sangat vital bagi perusahaan. sedangkan Sales adalah cabang dari perusahaan biasanya bersama dengan marketing atau dibawah komando marketing menjadi pihak yang langsung berinteraksi dengan konsumen, bisa door to door atau outlet.
Marketing juga ilmu yang harus dikuasai oleh sobat calon pengusaha sekalian, jika sobat hendak melakukan lompatan penjualan, perkembangan usaha yang pesat dan cepat, maka kuasailah ilmu marketing. Salah satu agenda marketing adalah menentukan promosi dan mensosialisasikan keunggulan produknya di pasar.
bagi
sobat yang baru merintis usaha tentu produk sobat belum bisa bersaing
dengan leader market yang sedang menguasai pasar, apalagi bersaing
dengan perusahaan nasional/internasional yang iklan dan produknya sudah
menyebar ke seluruh Indonesia. Produk lokal biasanya butuh waktu untuk
mendapatkan ceruk pasar yang sudah dikuasai produk top brand hingga
lebih dari 65%.
Salah
satu usaha yang bisa dicoba adalah memberikan promosi potongan harga
pada awal pembukaan/penjualan barang. Bisa dicoba agar masyarakat bisa
mencoba dan mengetahui kualitas yang produk agan tawarkan pada pasar.
Jika memang produknya tidak baik, yah, bisa dipastikan pelanggan tidak
akan datang. Jika produk sobat beti/beda tipis dengan market leader atau
lebih baik, bisa dipastikan sobat bisa melejit dengan produk sobat yang
sangat kompetitif dengan market leader.
Merekrut
sales dengan sistem MLM juga dapat dilakukan, yakni dengan memberikan
bonus atas setiap penjualan yang dibuat. Memasang iklan di baliho dan
media massa lokal bisa sobat tempuh. Serta Melakukan penetrasi dengan
menjalin kerjasama dengan sekolah, kantor, dan perusahaan lain bisa
dicoba.
Sobat
akan lebih kreatif dan tahu mengenai media atau cara apa yang tepat
untuk memarketingkan produk yang sobat jual karena sobat lebih
mengetahui produk yang sobat hasilkan. So, pilihlah metode marketing
yang tepat buat usaha sobat. Jangan lupakan evaluasi kinerja marketing
setiap minggu/bulan.
Sukses ya sobat..